SKM

Baru kemarin kita mendengar tentang pergantian kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang mana mengadopsi proses belajar mengajar active learning.Kemarin Mahkamah Konstitusi (MK) menghapuskan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang berada di sekolah-sekolah pemerintah. Santer terdengar ada rencana untuk mengubah RSBI menjadi SKM (Sekolah Kategori Mandiri) yaitu sekolah yang mampu mengoptimasikan pencapaian tujuan pendidikan, potensi dan sumberdaya yang dimiliki untuk melaksanakan proses

pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi peserta didik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Apakah itu hanya impian?

Dilihat dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 yang hanya digodok dalam kurun waktu sebentar akankah dapat memberikan perubahan yang berarti, ditambah lagi Sekolah kategori Mandiri katanya akan menjadi pengganti program RSBI terealisasi. mungkinkah kedua progam jika dilaksanakan secara kebersamaan akankan sinkron atau malah memperburuh pendidikan Indonesia?

Leni berpendapat”Bahwa penerapan kurikulum 2013 pada SKM nantinya akan kurang maksimal..karena penyusunan kurikulum dalam wktu yg singkat..dan sebentar lagi pergantian kepemimpinan..kebijakan akan berubah…nasib kurikulum ini nanti seperti KBK dulu yg bertahan hanya beberapa tahun saja”.

Kemungkinan permasalanhan ini yang akan menjadi pertimbangan kedua kalinya setelah apa yang terjadi pada RSBI. Semoga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan mampu mencapai tujuan pendidikan secara utuh.

Pedoman SKM

Iklan

Comments on: "Akan Sesuaikah Kurikulum 2013 dengan SKM ?" (1)

  1. Thank you for your whole work on this web site. My mom loves engaging in investigations and it’s really easy to understand why. We all learn all regarding the lively way you give priceless strategies via this website and as well as increase participation from other individuals on that concern while my child is without question understanding so much. Take advantage of the remaining portion of the new year. Your doing a glorious job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: