comet-isonTahun 2013 dapat dikenal sebagai “tahunnya komet.” Jika semua berjalan dengan baik kita dapat melihat dua komet terang dalam tahun yang sama, dan mungkin salah satu yang paling terang dalam sejarah. Kalangan ilmuwan NASA memprediksikan peristiwa alam yang menakjubkan akan terjadi di penghujung tahun 2013. Komet bernama Ison, akan tepat melintasi pusat Matahari dengan jarak 1,9 juta kilometer pada tanggal 28 November 2013.

Donald Yeomans, kepala Near Earth Object Program di NASA mengatakan hal tersebut dalam sebuah konferensi di Jet Propulsion Laboratory kemarin. Menurut Yeomans, panas Matahari akan melelehkan es pada ekor komet Ison sehingga menciptakan gurat kembang api raksasa yang sangat spektakuler.

Atraksi alam tersebut akan mencapai puncaknya saat Ison melintas di tengah bulan purnama pada periode Oktober 2013 hingga Januari 2014.

Seluruh penduduk dunia dapat melihat peristiwa itu dengan mata telanjang, tanpa perlu menggunakan teleskop ataupun lensa binokuler. Peristiwa serupa pernah terjadi di Bumi pada tahun 1680. Yeomans menjelaskan, pada saat itu manusia dibuat gempar oleh kejadian tersebut dan mengaitkannya sebagai kejadian mistis. Komet yang tak bernama tersebut saat ini telah menghilang dari putarannya mengelilingi galaksi Bimasakti. Yeomans mengatakan bahwa lintasan komet Ison yang akan datang merupakan kejadian luar biasa yang tidak diketahui kapan akan terjadi lagi.

Lihat videonya disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: