kurikulum

Kurikulum 2013, kata terebut bukanlah asing lagi bagi masyarakat publik karena kurikulum ini yang secara cepat menggatikan kurikulum yang sebelumnya yang penerapannya hanya seumur jagung. Terdapat beberapa pertanyaan yang besar, dalam uji publik kurikulum 2013?

  1. Sudah siapkah Kemdikbud untuk kurikulum 2013?
  2. Apakah sedemikian mendesaknya, sehingga tahun pelajaran 2013 mendatang, kurikulum itu sudah harus diterapkan?

Menjawab kekhawatiran itu, sedikitnya ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian untuk implementasi kurikulum 2013.

  • Buku pegangan dan buku murid. Ini penting, jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai “macan kertas”. Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya. Pertanyaan kembali timbul saat solusi tersebut dikemukakan oleh mendikbud, bagaimana nasib buku yang sudah beredar dimasyarakat toh masyarakat sudah banyak yang membeli buku yang sesuai kurikulum sebelumnya agar sianak tidak ketinggalan pelajaran & akankah buku yang baru itu menjangkau daerah luar pulau Jawa yang kita tahu sendiri bagaimana proses pengiriman buku, mngkin saja buku yang kemaren belum sampe ke semua sekolah diluar Jawa.
  • Pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi dimulai untuk kelas satu, empat di jenjang SD dan kelas tujuh, di SMP, serta kelas sepuluh di SMA/SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan. Sampaikah pelatihan guru itu ke pelosok disluruh negeri kalo cuman sampai kabupaten yang notabene perwakilan sama saja informasinya akan berbeda saat di pelatihan.
  • Tata kelola. Kementerian sudah pula memikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal, administrasi buku raport. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah.

Tercapai tidaknya kurikulum baru ini sangat tergantung kepada keinginan masyarakat untuk mau berubah atau tidak, mungkin awal-awal pelaksanakaan akan terjadi banyak kepincangan karena waktu yang singkat. Akankah UAN siap dengan aplikasi 2013? Kita tunggu saja

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: