Back to schoolPendidikan di Indonesia kedatangan kurikulum baru dan untuk lebih mengenalkannya kepada masyarakat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh kini rajin mensosialisasikan kurikulum baru 2013 yang digadang-gadang dapat membawa pendidikan di Indonesia semakin membaik. di sela- sela  pidatonya, beliau memberi ulasan singkat metode pengajaran matematika pada kurikulum baru(Kurikum 2013). “Misalnya guru minta siswa belajar mengenai keliling persegi panjang,” katanya. M. Nuh mengilustrasikan guru bisa memberikan semua siswanya sebuah kawat dengan panjang 20 sentimeter. Guru itu kemudian meminta semua siswanya membuat persegi panjang  dari kawat tersebut, lalu menghitung luas dan keliling persegi panjang yang telah mereka buat.

Akhirnya hasil tersebut akan menunjukkan hasil bentuk persegi panjang yang bermacam-macam, tergantung ukuran panjang dan lebar yang terbentuk. Tapi, tak berhenti di situ, karena guru bisa mengajukan bebarapa pertanyaan mengenai berapa luasannya. Siswa akan tahu ada persegi dengan keliling sama tapi luasannya berbeda dan nilai tertinggi bisa diberikan pada karya persegi siswa dengan nilai luas paling besar selain itu juga siswa bisa dikatakan mempunyai kemampuan menganalisis yang baik.

“Pelajaran bagi siswa ialah, ada banyak kebenaran, tapi ada satu kebenaran yang terbaik,” ujar dia.

Sedangkan, pada pengajaran ilmu pengetahuan alam, murid akan banyak diajak praktek lapangan. Misalnya saja, untuk mengajarkan teori rotasi bumi pada matahari, guru mengajak siswa keluar kelas dan mengamati gerak matahari.

“Dengan cara ini, selain membangun kreatifitas, siswa juga perlu dibiasakan observasi dan menghormati data-data. Jadi kalau sudah dewasa, mereka tak suka ngomong asal jeplak (asal ngomong tanpa dasar yang kuat),” kata Nuh.

Dilihat dari beberapa metode diatas dalam penyampaian pembelajaran sangatlah menarik karena siswa diajak untuk turun langsung menemukan jawaban sendiri dan jawaban tersebut bervariatif serta pembelajaran yang bisa terjadi diluar kelas atau bisa kita sebut “back to Nature“. Semoga dengan adanya kurikulum baru ini, Pendidikan di indonesia dapat menjadi baru dan maju.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: