Tabir Kuning UAN 2013

UANTak lama lagi semua siswa sekolah yang duduk dibangku kelas 3 untuk jenjang pendidikan menengah baik pertama maupun atas serta Sekolah Dasar untuk siswanya kelas 6 akan melaksanakan Ujian Akhir Nasional(UAN) tahun pembelajaran 2012/2013. Berbagai persiapan telah dipersiapan baik dari pihak pemerintah sendiri sebagai penyelenggara utama dan sekolah telah melakukan penambahan jam sekolah atau yang sering kit kenal dengan nama “Pengayaan” dengan tujuan agar siswa lebih memahami pelajaran dan mengulangi pembelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik.
Siswa sebagai Objek utama atau target dari UAN juga sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan ujian seperti banyak mengikuti jam tambahan diluar sekolah, belajar kelompok dan lain-lain. Ada sebuah masalah yang ditakuti para orang tua kurikulum yang nanti dipakai dalam ujian nasional masih memakai yang baru atau kerukulum lama.

Hal ini dikarenakan telah dilakukannya uji publik kurikulum 2013, dari namanya saja kita tahu ini sudah tahun 2013 akankah kurikulum ini akan diterapkan dalam pelaksanaan ujian, seandainya ha itu diterapkan bagaimana nasib ujian kali ini? Padahal kurikulum yang masih diakai adalah kurikulum yang lama, jika UAN sudah mengadopsi kurikulum baru dipastikan akan banyak terjadi tindakan kontra baik dari berbagai kalangan khususnya kalangan masyarakat pendidikan.

Dalam hasil uji publik kurikulum terdapat beberapa permasalahan yang sangat dikhawatirkan oleh mendiknas sendiri, kalo masih dikhawatirkan apakah kurikulum ini sudah siap dipakai untuk diterapkan dalam sistem pendidikan nasional. Inikah kurikulum yang digadang-gadang mendikbud sebagai kurikulum pengganti sebelumnya yang dikatakan mampu memperbaharui sistem pendidikan terdahulu dan yang lebih baik.

Mendikbud sudah mengeluarkan SK dan kisi-kisi untuk UAN 2013 dari tingkat SD sampai dengan SMA, setelah ditelisik ternyata kisi – kisi soal ujian berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Peraturan Mendiknas No. 22 tahun 2006. Saat dilihat secara sekilas mata, belum ditemukan penerapan kurikulum baru pada kisi – kisi ujian yang sudah dikeluarkan. Setelah saya melihat beberapa kisi-kisi hampir model kisi-kisi tidak ada yang berubah meskipun kurikulum telah berganti hingga berkali-kali, dan yang lebih mengagetkan lagi soal yang dibuat ada 20 paket. Sebenarnya kalau bisa penerapan kurikulum baru harus bisa merubah semuanya maksudnya bukan saja tata cara proses belajar mengajar tetapi juga berbagai faktor pendukung yang ada didalamnya yang bisa dibuat sekreatif mungkin.

untuk melihat kisi- kisi dan SK UAN 2013, klik disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: