Ujian SMAUjian Nasional tinggal menghitung hari. Bagaimana kesiapan sekolah yang terdengar santer bahawa soal ujian yang akan diberikan saat ujian nasional sangat berbeda dengan tahun- tahun kemarin karena mengggunakan 20 tipe soa yang berbeda artinya setipa siswa kan berbeda satu sama lain. Sekolah, terutama para guru yang bertugas menyiapkan siswanya untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) model baru, kini sudah mulai memetakan strateginya.

Hal ini terkait rencana pemerintah yang akan mengeluarkan kebijakan baru membuat 20 tipe soal UN untuk mengurangi kecurangan dan terdapat juga argumen yang menyatakan hasil UN sebagai instrumen untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk berapa persen belum ada kejelasan lebih lanjut.

Perencanaan pengadaan 20 tipe soal UN bisa membawa perubahan. Menanggapi hal demikian, sekolah hanya akan mengajak para siswa untuk belajar lebih giat lagi. Angky Armana, S,Pd. mengatakan ” sekolah seharusnya berusaha sebaik mungkin meningkatkan kemampuan dengan berbagai strategi yang berhubungan dengan minat belajar sehingga mereka yakin akan kemampuan mereka dalam waktu yang cukup singkat ini sebelum UAN”. Hal tsb mungkin terlambat tapi kalau minat belajar sudah membekas dihati mereka, pasti mampu menurunkan kemungkinan adanya proses kecurangan pada saat UAN. Pengadaan 20 tipe soal UN sebenarnya sebagai tantangan untuk pihak guru, sehingga para guru tetap perlu memikirkan strategi pembelajaran yang lebih baik dari strategi yang kemarin digunakan dan agar lebih kreati dan inovatif dalam pembelajaran untuk mencapai semua tujuan pendidikan.

Kemungkinan besar soal yang nanti diberikan pada siswanya adalah sama, yakni berjenis multiple choice. Sifatnya juga lebih kepada pemahaman materi dari setiap mata pelajaran yang diujikan. Firdaus mengatakan bahwa “siswa pun harus diberi motivasi agar lebih semangat belajar agar kepercayaan terhadap diri mereka tumbuh”. Sekarang yang bisa dilakukan guru berama siswa-siswinya adalah dengan membiasakan siswa-siswinya menghadapi variasi soal dari sekarang, sehingga meskipun berbeda jenisnya, materi yang diujikan tidak jauh berbeda dengan pelajaran di kelas.

“UAN Bukan saatnya menunjukan siapa sekolah yang hebat, tapi lebih penting sekarang adalah bagaimana muridnya lulus dan bagaimana kontribusi terhadap perkembangan pendidikan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: