kurikulum 2013 vs uan

Akhirnya kurikulum 2013 menunjukan sepak terjangnya di dunia pendidikan di Indonesia ternyata berdampak pada keberlangsungan Ujian Akhir Nasional (UAN). Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, kemungkinan UAN akan dihapuskan. hapus atau tidaknya UAN sedang menunggu proses evaluasi yang menentukan apakah UAN akan dihapus atau hanya akan diubah posisinya.

M. Nuh mengatakan “Kurikulum baru sudah jelas kami sampaikan, proses evaluasi atau tahap penilaian juga berubah. Oleh karena itu keberadaan UAN harus di review kembali. Apakah hasilnya nanti dihapus atau posisinya dirubah,”.

Meski belum mengetahui hasil evaluasi tersebut, namun kemungkinan besar untuk UAN tingkat Sekolah Dasar (SD) akan dihapuskan. Penghapusan UAN SD, tidak akan dilakukan di tahun ini karena pelaksanaan UAN yang tinggal beberapa bulan lagi yaitu pada bulan Mei 2013.

Sementara itu untuk UAN yang masih akan dilakukan tahun ini, dalam pengawasannya akan dilakukan sistim silang pengawas hampir sama seperti tahun yang lalu yaitu pengawas tidak dari sekolahnya sendiri tapi berasal dari sekolah-sekolah lainya.

Angky Armana mengatakan ” UAN ditiadakan, untuk negara ini kesannya kaya uji coba seharusnya perlu pengkajian lebih dalam lagi. Soalnya satu kurikulum saja efek yang baru bisa dirasakan 5 tahun kedepan. Kenapa setiap penerapan kurikulum baru yang diterapkan pelum merata sudah ada kurikulum baru? bagaimana nasib pendidikan di daerah pelosok?”

Misalnya UAN jadi dihilangkan untuk tingkat sekolah dasar bagaimana kita membandingkan kualitas daerah maju dengan daerah tertinggal. Kita tahu sendiri kalau belum banyak sekolah yang menjakau semua penduduk yang tersebar di NKRI ini, ditambah lagi masalah kurangnya tenaga pendidik dan buku-buku pendukung. Apakah sekolah – sekolah yang tertinggal semakin tertinggal jika UAN untuk SD ditiadakan.  Sebaiknya dalam perumusan kurikulum juga memperhatikan bagaimana pendidikan diluar Jawa yang banyak memberikan catatan untuk pendidikan di bangsa ini.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: