batik indonesia

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Kata “batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Walaupun kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat sampai abad ke-11. Baru abad ke-12 mulai dikenallah batik denga pola gringsing di Kediri, Jawa Timur. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Batik yang menjadi kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia ini akankah bertahan lama setelah ada isu kalo Indonesia banyak mendatangkan baju sejenis dari negara lain. Kalau hal sepeti ini dibiarkan pa yang akan terjadi pada batik yang notabene menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan batik-batik impor yang masuk ke Indonesia itu bukan batik yang sebenarnya. Meskipun hal itu dikatakan bukan batik tapi kan kenyataannya Indonesia banyak kemasukan pakaian dari luar negeri yang lama – kelamaan kalau tidak ditangani akan mengancam pakaian yang asli dari bangsa Indonesia begitu pula juga bisa mengancam batik Indonesia. Sudah saatnya kita bangga akan produk bangsa Indonesia sendiri.

“Bangga sebagai Anak Indonesia berarti Bangga akan Hasil Kreativitas Anak Bangsa Sendiri dan Senang Memakai Hasil Kreativitas Bangsa Sendiri dari pada Bangsa Lain”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: