bukuImplementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang karena dokumen kurikulum sudah selesai dan buku sedang dikaji oleh dosen dan guru yang ditunjuk untuk penyusunan buku pendamping kurikulum 2013. Adapun jumlah buku yang akan didistribusikan sebanyak jumlah peserta didik dalam satu kelas artinya setiap siswa mendapatkan masing-masing 1 buku untuk setipa mata pelajaran ditambah dengan buku pegangan guru dan buku agama.

Tahap persiapan buku ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Selanjutnya, buku ini akan digunakan untuk pelatihan guru. Buku yang berasal dari pemerintah dipinjamkan secara gratis kepada para peserta didik, tapi Lembar kerja siswa (LKS) kabarnya tidak akan ada lagi dalam proses pembelajaran kurikulum 2013.

Wamendiknas mengatakan, ” buku disediakan oleh pemerintah secara gratis dan tidak satupun yang diwajibkan membeli dan Lembar kerja siswa juga tidak akan ada lagi”.

Pernyataan terakhir bisa menjadi catatan karena hal itu juga pernah dilakukan saat LKS tidak akan digunakan kembali, tapi fakta dilapangan berkata lain dengan pernyataan mendiknas.

Maher mengatakan, “itu wacana aja saja, buktinnya dulu awal kurikulum KTSP katanya gag ada LKS, buktinya banyak juga yang pakai LKS karena banyak ortu murid yg kurang mampu membeli buku, itu cuma kong-kalikong saja biar bukunya laku lagi, dan pasti ada main belakangnya”.

Yang dinginkan para pengajara adalah dengan kurikulum baru ini dapat meningkatkan pendidikan yang ada. Dwi yuniarto mengatakan” yang saya harapkan guru tidak terlalu di sulitkan dengan administrasi yang sesungguhnya mengganggu tugas pokok guru (mengajar)”.

Mendiknas memastikan semua sekolah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini gurunya telah dilatih. Buku panduan untuk guru sudah disiapkan. Jadi tidak mungkin guru tidak paham kurikulum ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: