ujian-snmptn_0Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menggunakan hasil ujian nasional (UN) sebagai salah satu persyaratan untuk masuk jenjang pendidikan tinggi akan segera diwujudkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ini tidak akan ada ujian tulis, namun menyeleksi nilai rapor selama di SMA. Sistem yang baru ini membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan sistem komputer dan memberdayakan 61 PTN di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti hanya akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Namun, kali ini, sekolah dengan akreditasi apa pun bebas mendaftarkan siswanya tanpa ada pembatasan kuota.

“Jadi, murni dari hasil UN dan nilai rapor serta prestasi lain siswa tersebut untuk SNMPTN 2013 nanti. Kuotanya disediakan 60 persen untuk seluruh Indonesia,” kata Mohammad Nuh.

Kendalanya ada pada karena ini bukan manusia, semua menggunakan komputer sehingga penekanannya lebih pada persiapan dari komputer-komputer yang ada untuk dapat mengakses data. Selain itu untuk meperlancar sistem kerja ini, pemerintah sudah bekerja sama dengan pihak telekomunikasi untuk membantu proses ini. Bagaimana untuk sekolah-sekolah di pedalaman yang belum mendaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) karena terbatasnya akses internet?

“Satu untuk masalah sosialisasi, kita mengerahkan 61 PTN untuk menjemput sekolah-sekolah tersebut. Ada tim untuk sosialisasi dari PTN yang ada di daerah tersebut untuk meng-online-kan sekolah tersebut agar bisa terdaftar di PDSS ini,” jawab Mohammad Nuh.

Informasi lengkap bisa dilihat di sini

“Jangan tunggu lagi, kesempatan menunjukan kemampuan, ¬†prestasi dan masa depan anda menunggu”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: