laksaSaat ini laksa betawi semakin langka atau sulit ditemui. Selain itu kebanyakan beda cita rasanya. Menurut sejarah, laksa adalah makanan berjenis mi yang diberi bumbu sesuai kebudayaan peranakan, yang digabung dengan elemen Tiongkok dan Melayu. Ada beberapa jenis laksa. Adapun yang dikenal di Indonesia adalah jenis laksa penang. Bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Nama laksa diambil dari kata dalam bahasa Sanskrit (India kuno) yaitu laksha, yang berarti banyak. Hal itu menunjukkan bahwa mi laksa dibuat dengan banyak bumbu.

Di antara sedikit penjual laksa betawi lama. Kuahnya yang berwarna kekuningan terbuat dari udang rebon, sehingga rasanya menjadi khas dan segar. Terkadang penjual laksa menyiram dan membuang kuahnya berulang kali agar bumbunya meresap ke dalam bahan-bahan yang ada. Mengolah laksa betawi susah-susah gampang. Bumbunya sederhana, terdiri dari kunyit, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, jahe, jintan, lada, temu kunci, serta dua kilogram udang rebon. Semua bumbu dihaluskan dengan lumpang lalu ditumis dan dicampur dengan santan cair. Bumbu baru ditambahkan dengan santan kental. Proses ini dilakukan sampai tiga kali.

Dengan proses yang agak rumit, tidak aneh kalau makanan ini jadi agak langka. Meskipun orang tahu resepnya dan diajari cara membuatnya, tetapi rasanya tetap berbeda karena mungkin dipengaruhi orang yang membuat sabar atau tidak dalam pembuatanya.

Iklan

Comments on: "Laksa, Makanan Tempo Dulu yang Lezat" (1)

  1. Free Directory…

    Super! Great this typography carry on as usual Free Directory….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: