pengabdianPengabdian bukanlah bentuk dari sebuah pengekangan diri dari dunia luar, tidak tepat apabila ada yangg mengartikannya sebagai bentuk menutup diri dari kehidupan sosial bermasyarakat. seperti halnya manusia hidup pada jalan yg lurus (Islam) adalah bentuk dari pengabdian diri kepada Sang Pencipta, dan oleh karenanyalah manusia yg dapat menjadi seorang pengabdi yg baik kepada Tuhannya akan lebih dekat dan dicintai oleh Allah SWT.
Guru adalah sebuah kata yang begitu sarat makna akan sebuah pengabdian dan disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, bukannya tanpa sebab. Kesediaan menjadi guru, berarti juga kesediaan untuk memberikan segenap jiwa dan raga demi mencerdaskan generasi muda bangsa. Seorang guru yang sesungguhnya, tidak akan pernah sekali-kali memikirkan tentang mengejar harta. Mungkin, ada segelintir orang yang menjadi guru karena tergoda oleh tunjangan pensiun dan kenyamanan finansial. Tapi, bukan itu inti sebenarnya.

Tidak sedikit guru yang hidup pas-pasan, maaf bisa dikatakan kurang mampu. Bahkan demi menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi, mereka harus mencari utang di sana sini. Namun, mereka tetap survive. Mereka tetap bertahan dengan kehidupan seperti itu. Dulu, saya yang masih belum tahu apa-apa, yang masih berpikiran hitam-putih, seringkali bertanya-tanya kenapa orang-orang kepingin jadi guru. Padahal, guru bukanlah pekerjaan yang berpenghasilan besar. Tipe pekerjaan yang terkadang, untuk bikin perut kenyang saja susah. Bahkan, masih ada saja guru yang kerja serabutan karena perekonomian keluarga yang “lebih besar pasak daripada tiang”. Guru juga bukan sebuah pekerjaan yang bisa dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang tergolong “elite”. Coba saja, anak-anak jaman sekarang ditanya cita-cita mereka saat sudah dewasa. Hanya sedikit yang menjawab “ingin jadi guru”.

Memang, saat masih kecil, saya pun tidak bercita-cita menjadi guru. Bukan karena saya berpikir bahwa guru adalah tipe pekerjaan yang telah saya sebutkan di atas, melainkan karena saya lebih menyukai bidang lain. Hanya itu.

Namun, setelah saya menapaki dunia pendidikan, saya menemukan jawaban kenapa orang-orang ingin jadi guru. Ini bukan hasil penelitian, bukan pula hasil survey, hanya berdasarkan pengamatan saya saja. Pertama, guru adalah pekerjaan yang mulia. Kedua, seorang guru lebih dihargai di masyarakat. Ketiga, ingin menyalurkan ilmu yang telah didapat kepada orang lain. Keempat, dari segi kemampuan dan dana, calon mahasiswa hanya bisa menjangkau untuk kuliah di bidang pendidikan. Kelima, tunjangan hari tua (saya agak miris menyampaikan ini).

Hal diatas  bisa benar, bisa juga tidak. Pengamatan tiap orang kan beda-beda. Tentu saja menjadi guru bukan hanya masalah menyampaikan informasi saja, melainkan juga masalah bagaimana mendidik siswa menjadi pribadi yang bisa diterima di masyarakat. Itulah kesenangan dan kenikmatan menjadi guru. Semoga para guru dewasa ini tidak terbebani dengan pekerjaan mereka. Jika seorang guru benar-benar menikmati saat-saat dia berinteraksi dengan siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran, dia akan menemukan makna sebuah pengabdian seorang guru. Tanpa guru, mau jadi apa generasi muda bangsa ini?

Jadi, teruntuk para guru di seluruh penjuru tanah air, berbanggalah dan bersyukurlah… Sebab, guru adalah pahlawan bangsa yang berjuang dengan pengabdiannya kepada Negara.

Wahai kawan… pengabdian sepenuh hati bukan untuk kepentingan pribadi, tapi ini adalah tugas suci untuk berbakti kepada Ilahi.

Wahai kawan… terbanglah setinggi-tingginya, raihlah cita-cita, dan jadilah sang surya yang selalu menyinari dunia, apapun jadinya, jangan pernah lupa akan tujuan utama kita diciptakan di dunia, yaitu beribadah kepada kepada-Nya.

Iklan

Comments on: "Pengabdian Mulia Yang Tak Kan Lekang Oleh Waktu" (1)

  1. ketika guru melihat murid- murid melelahkan, maka hadirkanlah gambaran bahwa diantara mereka kelak akan ada yang menarik tangan kita menuju kemulyaan. kebahagiian kita yang sebenarnya adalah saat menyadari bahwa murid kita adalah butiran tasbih mutiara pengabdian kita kepadaNya…..dipetik daris sms guru Mts di metesih Karang anyar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: