model pembelajaran

Pendidikan merupakan hal yang paling penting bagi suatu bangsa karena merupakan penunjang bahkan menjadi faktor utama pondasi pembangunan suatu bangsa ataupun sebuah negara.  Ketika proses pembentukan pondasi pembangunan itu tercemar akan ulah oknum yang kurang bertanggung jawab maka yang akan rugi bukanlah jaman ini saja tapi masa depan juga menjadi dipertaruhkan. Pendidikan di indonesia baru – baru ini menjalankan Ujian Nasional bagi seluruh jenjang pendidikan baik dari tingkat SD sampai tingkat SMA. Tapi hal hal ini tercemar akan kurangnya kesadaran dari berbagai pihak yang melakukan berbagai pelanggaran maupun kecurangan sistem UN tahun ini.

Ujian Nasional sebenarnya bukan hanya tanggung jawab siswa tapi juga tanggung jawab pendidiknya karena Ujian Nasional dapat dijadikan patokan sejauh mana para pendidik mampu mendidik para peserta didik agar memahami apa yang diajarkan.

Beberapa tenaga pendidik secara tidak langsung tidak menerima kalau kegagalan siswa dalam UN adalah tanggung jawab mereka. Padahal kalau dilihat dari sisi pembelajaran, para siswa kebanyakan mempunyai rasa malas pada setiap pembelajaran yang akan mereka hadapi makanya pendidik harus kreatif dalam strategi pembelajaran yang menarik agar proses pembelajaran berjalan dengan  baik dan materi dapat terserap maksimal. Kalau semua pembelajaran mampu terserap secara maksimal maka mampu meminimalisir ketakuatan para peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional yang secara rutin tiap tahun diadakan.

Kecurangan UN merupakan contoh kecil dari kegagalan seorang guru dalam mendidik peserta didik mereka, sampai kapan hal ini akan terus terbudaya setiap kali UN dilaksanakan. Kecurangan UN dapat diminimalisir bahkan dihilangkan kalau para peserta didik dan pendidik menerapkan disiplin belajar dan percaya akan kemampuan yang dimiliki.

“Hal paling berharga dari semua pendidikan adalah kemampuan membuat dirimu sendiri melakukan hal yang seharusnya kau lakukan, kapan itu harus dilakukan, baik kau menyukainya ataupun tidak.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: