budaya politikIndonesia merupakan negara yang bisa dikatakan salah satu terkaya didunia, karena menyimpan banyak keanekaragaman budaya, tempat wisata, flora dan fauna. Tapi, sayangnya hal itu belum mampu dikelola dengan baik oleh pemerintah. selain itu Indonesia terkenal dengan keramah tamahan penduduknya yang sudah terkenal ke seluruh pelosok dunia. Beberapa hal diatas seakan tak mampu kita banggakan kembali karena banyak kasus – kasus yang dilakukan beberapa orang yang seakan-akan melenyapkan keindahan diatas.

Kasus – kasus paling besar yang terjadi di Indonesia kebanyakan terkait dengan politik. Budaya politik sekarang seakan- akan sudah tidak sesuai yang diharapkan.Hal ini diperparaha lembali karena budaya masyarakat Indonesia saat ini tidak sejalan dan keluar dari falsafah negara, Pancasila.

Semua yang dilakukan ada unsur politik kadang mengandung matrelialistik, sehingga semua ingin pragmatis, berfikir jangka pendek, berkelompok dan mencari keuntungan semata. Seharusnya masyarakat Indonesia harus melihat dan mengambil sebagai contoh budaya masyarakat Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Jepang dan banyak negara maju lainnya menggunakan budaya akademik. Dimana dalam budaya akademik, perbedaan itu sifatnya alamiah yang menjadi landasan toleransi dan kebersamaan, bukan harus seragam.

Dalam budaya akademik jika hal ini mampu diterapkan di Indonesia sangatlah bagus karena akan ada kebiasaan selalu membuka diri dengan selalu belajar dalam masyarakat belajar, kebiasaan selalu menelaah, kebebasan berfikir, menerapkan kebiasaan siklus keilmuan dan menghormati perbedaan pendapat,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: