ramadhan2Assalamualaikum wr. wb  🙂

InsyaAllah, 9th of july and that means it is the first day of Ramadhan Kareem in 2013. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan Al Mubarak, kedatanganmu amat kami nantikan. Semoga Ramadhan kali ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tapi mungkin ada juga yang terlebih dahulu melaksanakan ibadah puasa begitu juga sebaliknya, ada juga yang akan lebih lambat melaksanakan ibadah puasa tahun ini.

Saya tidak akan membahas tentang Fiqh penentuan awal Ramadhan dan Syawal karena saya bukan seorang mempunyai kapasitas untuk membahas hal tersebut. Tapi ingin mencoba mengajak umat agar tidak perlu kebingungan dan pusing tujuh keliling memikirkan perbedaan ini. Perbedaan penentuan awal Ramadhan dan Syawal ini adalah permasalahan kecil dari sekian banyak problematika penting yang dihadapi oleh umat Islam saat ini. Sesungguhnya perbedaan ini adalah ujian ummat sejauh mana ukhuwwah umat ini berjalan dan tidak bercerai berai menghadapi perbedaan.

Mari kita jadikan perbedaan ini sebagai pelangi, pelangi yang menghiasi indahnya bulan Ramadan tahun ini. Perbedaan yang muncul akan menjadi Rahmat Ilahi bila ditujukan dengan keridhaan Allah semata, bukan karena kepentingan pribadi, golongan, mahzab maupun ormas dan dalam skala internasioanal bukan karena superioritas nasionalisme dan kebangsaan. Perlunya para memimpin umat untuk duduk bersama dengan membuang segala egoisme untuk menyamakan penentuan Awal Ramadhan dan Syawal, mengingat persatuan ummat islam adalah sesuatu yang wajib untuk diwujudkan.

Dan Katakanlah : “Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. At Taubah : 105). Wallahu a’lam bi shawwab.

Demi Masa. Sesungguhnya semua manusia itu dalam kerugian. Kecuali mereka yang beriman dan beramal soleh. Dan berpesan pesan pada kebaikan dan kesabaran. (Al Asr : 1-4 )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: