Labbaika Allahumma labbaika.
Labbaika la syarika laka labbaika.
Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.
laa syarika laka.

Ya Allah, aku datang karena panggilanMu.
Tiada sekutu bagiMu.
Segala ni’mat dan puji adalah kepunyanMu dan kekuasaanMu.
Tiada sekutu bagiMu.

Sudah tidak anehkan kawan mendengar kalimat di atas? Ya, tentu kawan sudah tahu, itulah do’a yang di ucapkan ketika anggota jama’ah haji memasuki kota suci Makkah. Di kota Mekah itulah terdapat sebuah bangunan kubus dengan ukuran 39 kaki 6 inci (kira2 11 meter;1 kaki = 12 inci = 30 cm), dan ukuran total adalah 627 kaki persegi. Ukuran dalam Ka’bah adalah 42,64×29,52 kaki (atau kira2 12,7×8,85 m). Tebal tembok adalah 3,26 kaki (kira2 97,8 cm). Lantai di bagian dalam lebih tinggi 7,22 kaki (kira2 2,1m). Bangunan itu bernama Baitullah. Baitullah adalah satu bangunan yang menjadi titik pusat bertemunya muslim diseluruh penjuru dunia.

Baitullah adalah tempat suci yang disebut juga Home of God, namun itu adalah julukannya saja, karena tidak akan pernah ada manusia yang tau dimana keberadaan Allah sang Pencipta. Tidak aneh setiap tahunnya pada bulan haji atau Djulhijah, jutaan umat muslim berbondong-bondong berdoa dan beribadah mendekati Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji.

Ibadah Haji adalah rukun islam yang Ke-5, rukun islam yang diwajibkan kepada umat muslim yang telah bercukupan dalam harta, jasmani dan rohani. Ibadah Haji merupakan ibadah paling berat di antara rukun islam lainnya, karena pengorbanannya berupa harta, fisik, dan jiwa. Orang yang beribadah haji akan diuji kesabarannya oleh Allah Swt, namun Allah Maha Adil, Allah Swt memberikan pahala yang sangat besar bagi mereka yang melaksanakan ibadah haji yang sungguh-sungguh karena Allah Swt. Semoga setiap jamaah haji pun merasakan bagaimana luasnya pelajaran yang bisa diambil dari setiap proses perjalanan haji. Sejak meniatkan diri, hingga pulang kembali. Bukan dengan gelar haji, tetapi hati yang lebih suci. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: