Raden Adjeng Kartini

a41

 

  • Nama Lengkap :  Raden Adjeng Kartini
  • Lahir : di Jepara, tanggal 21 April 1879
  • Meninggal : tanggal 17 September 1904 di Rembang.

Raden Adjeng Kartini, adalah putri dari golongan bangsawan Jawa yang bernama “Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat”, yang saat itu berkuasa sebagai Bupati Jepara. Dalam perjuangannya, Raden Adjeng Kartini ini adalah seorang perempuan yang mana memiliki sosok sang Pahlawan Nasional Indonesia, yang menjadi pelopor perjuangan untuk kaum perempuan, khususnya dalam mengangkat pada simbol persamaan gender dan emansipasi wanita di Indonesia.

Ibu kita Kartini. Sebuah lagu wajib nasional yang merupakan suatu penghargaan pada sosok seorang wanita yang berjasa pada kaumnya. Ketika beliau menulis kalimat-kalimat penuh perjuangan dalam surat-suratnya yang beliau berikan kepada Nyonya Abandanon, ketika itu pula hak seorang wanita seolah dilirik untuk dihormati, bukan hanya bergelut pada masalah dapur saja kala itu.

Dewasa ini, setiap seorang wanita pasti mempunyai keinginan untuk maju. Banyak sekali para wanita yang telah menduduki posisi prestius pada suatu lembaga. Bahkan, seorang wanita bisa menunjukan kemampuannya untuk menjadi seorang pemimpin sebuah Negara. Hal itu menunjukan bahwa rasa “berontak” seorang Kartini kala itu, berpengaruh sampai sekarang. Tapi, perlu digarisbawahi bahwa pemikiran seorang Kartini tidak bertujuan untuk merendahkan seorang laki-laki, seperti dikutip pada sebuah surat yang ditujukan Kartini pada Nyonya Anton pada tahun 1902 yang berbunyi:

“kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak perempuan, bukan sekali-kali kami ingin anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjalanan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya : menjadi ibu, pendidik manusia pertama-tama”

Dari rangkaian kalimat tersebut, terlihat jelas seorang Kartini menginginkan suatu persamaan dalam bidang pendidikan bagi kaumnya yang kala itu sangat minim diperoleh oleh seorang perempuan. Juga, menginginkan suatu perubahan bagi kaumnya. Sebab, pendidik mula-mula adalah seorang wanita.

Lalu apakah makna kartini bagi wanita hari ini, khususnya untuk anda ? 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: