sujudDi Bawah LangitMu

Bersujud Semua
Memuji Memuja AsmaMu

Dan Bertasbih Semua
MakhlukMu Tunduk
Mengharap Cinta Dan KasihMu

Kita mengetahui bagaimana bintang-bintang itu beredar pada porosnya sebagaimana mengetahui tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung berdiri dan bergerak mengikuti sunnah-Nya, sesungguhnya semuanya itu bersujud dan bertasbih kepada khaliknya. Akan tetapi kita tidak mengetahui bagaimana cara mereka bersujud dan bertasbih.

Firman Allah :

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada didalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti mereka. Sesungguhya Dia adalah maha penyantun lagi maha Penyayang” (QS 17:44)

Kemudian Dia mengarah kepada langit yang masih berupa kabut lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi. silahkan kalian mengikuti perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa. Jawab mereka “Kami mengikuti dengan suka hati” (QS 41:11)

Ketika kita bertasbih bukanlah sebuah kata-kata seperti manusia bertasbih, akan tetapi merupakan bentuk kepasrahan dan kepatuhan atas perintah Allah, sehingga gerak mereka serta arah tujuannya berserah atas kehendak perintah Ilahi. Dengan demikian butir-butir atom, bumi, matahari, bintang-bintang bergerak pada orbit atau garis yang telah ditentukan oleh-Nya. Itulah yang dinamai ber-islam, yang artinya berserah diri atas kemauan Allah Yang Maha Pengasih. Yaitu pasrah atas peraturan-peraturan (sunnah-sunnah) yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Maka dari itu paradigma pasrah bukanlah orang pasif yang tidak bergerak, malah sebaliknya orang yang pasrah adalah orang aktif yang mengikuti perintah-perintah di dalam syariat, berdagang, belajar, berperang, membayar zakat, berhaji, beternak, bertani, bermanajemen dll. Hal ini diibaratkan seperti kalau kita membeli sebuah mobil. Si perancang telah menyiapkan manualnya untuk memudahkan kita menghidupkan dan menjalankan mesin mobil tersebut, serta untuk mengetahui suku cadang yang harus diganti jika terjadi kerusakan. Manual yang berisi ketentuan/aturan ini tidak bisa diganti seenaknya sesuai dengan kemauan kita, karena bisa-bisa akan mengakibatkan benturan/berlawanan dengan keinginan perancangnya, yang pada akhirnya mungkin akan membuat mesin mobil menjadi rusak dan tidak dapat berjalan dengan baik. Perbuatan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh perancang dalam ilustrasi diatas menggambarkan kepasrahan dan kepatuhan terhadap ketentuan si perancang.

Dan ketika Cahaya Ilahi selalu mengiringi kita dalam menjalani kehidupan ini betapa bahagia sekali setiap manusia,  karena Cahaya itulah yang menjadikan hati kita hangat dan tenang. Tak bisa di pungkiri dalam menjalani kehidupan ini yang berjuta-juta puluh wajah kehidupan manusia tak akan pernah luput daerah dera cobaan untuk menguji seberapa kuat manusia untuk melewati cobaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Makin berat ujian Makin dahsyat gelar yang akan diberikan.

Kehidupan setiap manusia tak bisa telepas dari hitam putih jalan hidup, pahit getir warna dunia, tangis tawa rasa hati, terluka atau bahagia akan selalu menjadi penghias kehidupan manusia tanpa terkecuali. Saat rasa banggadan bagian akan keberhasilan maupun duka itu datang hanya bersifat sementara karena di dunia ini tak ada yang abadi dan pada akhirnya kita akan kembali kepada Allah. Semua itu merupakan proses untuk menhasilkan produk dalam arti manusia yang beriman dan bertakwa.

Tunduk berharap cinta dan kasih-Mu, Demikian pula dengan kepasrahan terhadap ketentuan yang telah ditulis dalam Al Qur’an dan Al Hadist ataupun dalam ayat-ayat kauniyah (hukum yang diikuti oleh alam semesta / hukum alam), semuanya mengikuti sistem dan keinginan ilahi. Mereka bersujud patuh atas ketetapan-Nya dengan suka hati. Ya Allah, Jadikanlah kami manusia yang selalu mendapatkan Ridho-Mu, yang setiap saat melafalkan dan Memuji memuja asma-Mu, selalu bertasbih Serta Tunduk berharap cinta dan kasih-Mu. Amien.

Video  Dibawah LangitMu

Video Ketika Semua Makhluk Hidup Bersujud dan Menyebut Nama Allah

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: