000-11

Ketika melihat air yang diam di suatu wadah maupun yang mengalir apa yang terlindas pikiran anda. Pasti berbagai opini akan berhamburan keluar dari masing-masing individu. Baru seminggu yang lalu aku pulang kampung, bisa ditebak suasana apa yang akan kalian dapatkan ketika berada didesa yang berbanding terbalik dengan kota-kota besar di indonesia. Ketika melihat air yang mengalir di sungai tenang rasanya. Air itu mengalir menghadapi rintangan batu- batu besar, tetapi tidak menghalanginya untuk tetap mengalir hingga sampai pada tujuannya. Jika bertemu batu – batu besar atau batu karang, dia akan berbelok untuk kemudian meneruskan perjalanannya kembali. Kehadiran air memberikan kesejukan bagi kita, maka dalam kehidupan ini, sebaiknya kehadiran kita  memberikan kesejukan bagi orang – orang disekitar kita, kalau semua orang menggunakan filosofi ini , maka tak ada permusuhan di muka bumi ini.

Air mengalir dengan penuh kelembutan, walaupun yang menghadangnya batu yang keras, dia tetap mengalir dengan lembutnya. Dan dengan kelembutannya  dan kesabarannya air dapat melubangi batu / menghancurkan  batu yang sangat keras. Maka dalam kehidupan sehari-hari,

jadilah lembut, selembut air sehingga tidak ada lagi kita temui orang yang bersikap kasar terhadap orang lain, janganlah kekerasan kita lawan dengan kekerasan juga, karena kelembutan lah dapat mengalahkan kekerasa tersebut. Air selalu pandai menempati dirinya dengan lingkungannya, sehingga tak terlihat dia menonjolkan diri dengan lingkungannya. Mengapa kita tidak mencoba melakukan seperti apa yang dilakukan air ini, sehingga tidak terjadi penolakan oleh lingkungan kita berada. Dengan kerendahan hatinya,  air memberikan jalan bagi sesuatu yang melewati dipermukaannya atau didalamnya, karena dia sadar bahwa tak ada suatu kekuatan apapun yang dapat mencegah perjalanan itu.

Air dapat memadamkan api  yg sedang membara, maka kita dapat juga menjadi menengah bila terjadi perselisihan bukan nya ikut memperuncing perselisahan itu. Air bersifat mengalah, namun tak pernah kalah, karena bila ia merasa dikalahkan, dia akan meloloskan diri dalam bentuk uap air atau keluar dari sela-sela yang menjadi penghalangnya. Jadi air menang.dengan mengalah  bukan dengan menyerang,  tapi air  selalu menang di akhir perjuangannya. Air memiliki banyak sifat. Salah satu diantaranya adalah bahwa air akan mengikuti wadah yang ditempatinya tanpa mengubah komposisi atau kandungan air. Air mengikuti wadah yang ia tempati, apapun wadah itu. Dimanapun kita berada, kita harus mempertahankan prinsip-prinsip kebaikan yang kita anut. Air mengajarkan kita untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, seperti apa pun lingkungan itu. Kita harus mampu berinteraksi sebaik mungkin di dalamnya. Mengisi lingkungan tersebut dengan nilai-nilai kebaikan dan berusaha menyebarkan pikiran positif di dalamnya. Air mengajarkan kita untuk mampu beradaptasi dimana pun kita berada dan dengan siapa pun. Kita pun dituntut untuk tidak mudah takluk oleh lingkungan.

Dalam perjalanan hidup kita akan selalu menemui batu sandungan / rintangan disekitar lingkungan kita, maka janganlah hal itu menjadi penghalang bagi kita untuk meneruskan perjalanaan hidup kita, janganlah kita berputus asa atau mudah menyerah dengan keadaan. Jadilah kita orang yang ikut berperan atas keberhasilan orang lain, bukan sebaliknya menjadi penghalang bagi keberhasilan orang lain. Jika kebetulan kita hidup dilingkungan yang minim nilai-nilai kebaikan, kita tidak serta-merta harus menjadi seperti yang terdapat dilingkungan tersebut. Kita harus tetap mempertahankan jati diri kita. Ada sebuah pepatah, “Seseorang hidup dan memiliki pribadi yang baik dilingkungan yang positif adalah suatu hal biasa, namun seseorang yang bertahan dilingkungan yang buruk namun tetap menjadi pribadi yang baik, itu adalah hal yang luar biasa.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s