Ide memang datang tak mengenal waktu dan temapt. Tadi pagi, tepatnya setelah sholat subuh biasa rutinitas berangkat pagi secara tak sengaja melihat mobil teronggok begitu saja kayak udah dijadiin pajangan karena penuh dengan debu, roda tinggal velk dan kaca sudah hilang dsb. Kalau diceritain malahan fokus ke mobil itu. Mobil merupakan alat transportasi yang dikenal sudah lama sebelum kemerdekaan RI. Penemu atau penggas mobil pertama kali di dunia adalah seseorang yang berasal dari Negara Perancis pada tahun 1879 tidak lain lagi yaitu Nicolas Joseph Cugnot. Berbicara tentang mobil disini akan membahas tentang Mobil Kepresidenan yang di kendarai . Berikut mobil Keprisidenan dari masa ke masa :

1. Buick-8

Buick adalah Mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan pada masa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Digunakan sebagai kendaraan Dinas Presiden RI pertama Soekarno terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949.

Kisah mobil ini menjadi mobil kepresidenan cukup menarik. Mobil ini ditemukan pada tahun 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) oleh Sudiro, ketua Barisan Banteng. Ia sendiri paham bahwa mobil Buick-8 itu tidak hanya sembarang mobil, konon mobil itu adalah mobil terbagus di Jakarta saat itu. Tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia tersebut lantas mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno, sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk dinasnya sebagai Presiden dengan nomor polisi Rep-1.

Mobil Kepresidenan ini, modelnya masih tampak berwibawa dan mengesankan meski berumur puluhan tahun. Ada selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar. Mobil ini adalah mobil type Limited-8, mobil utama Buick yang dikeluarkan pada 1939 dengan kapasitas 320 ci atau 5247 cc. Bukan Buick biasa yang dikeluarkan pada tahun 1931.

Selain Mobil Buick-8, Mobil Kepresidenan masa Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial. Tipe Imperial 38 ini, bernomor polisi B 9105, yang juga digunakan presiden Soekarno, hadiah dari Raja Arab Saudi ini terdapa cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya, yang dipertahankan sebagai bukti sejarah, ketika Presiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dikenal sebagai Peristiwa Cikini, dan salah seorang penumpangnya kemudian menjadi Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

2. DeSoto 1942

Mobil Kepresidenan jenis DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil persiden RI, Mohammad Hatta. Berbeda dengan mobil Buick-8 yang merupakan hasil temuan di jalan, mobil ini hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu dengan maksud untuk membantu memobilisasi perjuangan disamping menghindari perampasan dari pihak Pendudukan Jepang di Indonesia. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta. Mobil ini sempat berpindah tangan dan oleh pemiliknya digunakan sebagai angkutan umum (oplet). Namun kemudian dibeli kembali oleh Mohammad Hatta dan direstorasi kembali dengan bantuan pengusaha Hasyim Ning. Itulah sebabnya mobil yang bernomor polisi Rep-2 ini, yang sudah menggunakan transmisi otomatis kondisinya tidak sebaik Buick-8 Rep-1 itu. Pada mobil ini, seperti buick-8, terdapat sekat kaca yang memisahkan sopir dengan para penumpangnya. Berbeda dengan Buick-8 yang masih bisa digunakan, mobil DeSoto ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

3. Mercedes-Benz 500SEL Limousine 1987

Mobil Kepresidenan jenis Mercedes-Benz 500SEL Limousine keluaran 1987 ini digunakan persiden RI ke-2, Soeharto. Mobil ini ditengarai memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setaraf dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II.

Mobil Kepresidenan klasik ini asli pabrikan Jerman dengan tipe mesin M117.963 dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.0L. Kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam, bandingkan dengan Mercedes-Benz S600L yang digunakan Presiden RI saat ini memiliki kecepatan 210 km/jam.

Pada body-nya, mobil Kepresidenan RI di era Soeharto ini juga dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci, kurang dua inci dari Cadillac One yang digunakan Presiden Barack Obama saat ini dengan ketebalan lima inci. Beberapa sensor juga menempel pada mobil ini agar menjamin keselamatan Presiden Soeharto ketika berdinas.

Mobil Kepresidenan ini dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir, dan guncangan.Tidak heran jika melihat mobil ini melintas, siapapun sosok negarawan yang ada di dalamnya akan tampak begitu gagah dan makin ‘terlihat’ disegani. Keangkuhan Mercedes-Benz 500SEL limousine betul-betul menampakkan auranya sebagai tunggangan Kepala Negara.

4. Mercedes-Benz S600 Tahun 1994

Sejak tahun 1994, Mobil Kepresidenan Mercedes-Benz 500SEL limousine 1987 ini mulai jarang terlihat saat Presiden Soeharto hendak bekerja. Posisinya digantikan oleh Mercedes-Benz S600 produksi tahun 1994.

Dipakai resmi pada 1995, spesifikasi mobil ini juga tidak kalah dengan tipe mobil kepresidenan sebelumnya, memiliki standar keamanan tinggi; bodi dan kaca antipeluru serta standar keamanan lainnya.

Mobil Kepresidenanini menjadi kendaraan dinas presiden terlama sebab digunakan sejak era Presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

5. Mercedes-Benz S600L Tahun 2008

Pada periode keduanya presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan Mercedes-Benz tipe S600L model W221 keluaran tahun 2008 sebagai mobil Kepresidenan.

Mobil Kepresidenan ini masih dapat kita lihat melenggang di jalan ibukota. Mobil ini memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi di sebuah mobil. Mercy S600L S-Guard ini mampu menahan tembakan dari senapan hingga serpihan ledakan bom.

Bermesin 12 silinder Biturbo, mobil Kepresidenan ini mampu melecutkan tenaga hingga 517 dk. Tentunya berbagai fitur pun sudah tersedia seperti koneksi internet, climate control, four zone AC, individual TV, hingga tabung oksigen untuk bertahan dari serangan gas beracun.

6. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard

Inilah mobil kepresidenan terakhir yang saat ini digunakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas khusus kepresidenan dan sekaligus pelindungnya saat mengaspal di jalanan.

Mobil Kepresidenan Jokowi, Mercedez-Benz S600 Pullman Guard bukanlah mobil mewah biasa melainkan mobil teraman yang di pasarkan di seluruh dunia, yang biasanya digunakan para pemimpin negara. Mercedes S600 Pullman Guard untuk Jokowi dibuat dengan material antipeluru berstandar Eropa B6/B7 yang bisa menahan tembakan senjata ringan, granat tangan, dan bahan peledak ringan. Sebagai kendaraan khusus kepresidenan, Mercy buatan 2008 ini dibekali mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 daya kuda.

Jika bannya kempes atau bocor, Mercy Jokowi masih mampu melaju hingga sejauh 60 kilometer. Mobil Kepresidenan ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api. Untuk kondisi darurat, mobil ini memiliki fitur pengaturan udara segar, sistem kontrol pneumatik untuk membuka jendela secara elektronik, serta panic alarm system jika ada ancaman keamanan

Kalian dapat melihat secara langsung mobil-mobil diatas Di Indonesia, mobil bernilai sejarah saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: