Tak berasa kita telah memasuki hari ke-15 dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Seberapa banyak kita merugi? karena setengah waktu bulan ramadhan ini belum terisi oleh kegiatan yang positif yang menambah amalan.

Berbicara tentang amalan- amalan yang bertebaran di bulan ramadhan, sebenarnya tak begitu susah dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari tindakan kita yang tanpa kita sadari seperti berkata sopan kepada semua orang, sering senyum, menyegerakan berbuka dan masih banyak lagi. Perilaku diatas merupakan hal – hal yang tanpa kita sadari tapi memberikan berkah pahala di bulan ramadhan.

Berikut beberapa amalan-amalan yang insyallah mendapatkan pahala di bulan Ramadhan ini:

1. Silaturahmi.
Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barangsiapa ingin dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya menyambung (tali) silaturahminya.”

2. Berakhlak yang mulia,

3. Memperbanyak sholat

4. Sholat berjamaah bersama imam,
“Sholat berjamaah itu lebih baik dari pada sholat sendiri dengan dua puluh tujuh derajat.”

5. Melaksanakan sholat nafilah di rumah,
“Keutamaan sholat seseorang laki-laki di rumahnya dengan sholat yang dilihat oleh orang banyak seperti halnya keutamaan sholat fardhu atas sholat sunnah.”

6. Berhias dengan beberapa adab pada hari Jumat,
“Barangsiapa mandi (janabat) pada hari Jumat, kemudian berangkat di awal waktu, mendapatkan khutbah pertama, berjalan kaki tidak naik kendaraan, mendekati imam, mendengarkan khutbah dan tidak berbicara, maka baginya setiap langkahnya adalah (bagaikan) amalan setahun dari pahala puasa dan sholat (tarawih)nya.”

7. Sholat Dhuha,
“Bila masuk waktu pagi maka setiap jari-jari tangan kamu ada kewajiban shodaqoh, lalu setiap (bacaan) tasbih adalah shodaqoh, tahmid adalah shodaqoh, tahlil adalah shodaqoh, takbir adalah shodaqoh, amar ma’ruf adalah shodaqoh, nahi mungkar adalah shodaqoh, dan cukup dari itu semuanya dengan sholat dua rakaat waktu Dhuha.”

8. Menghadiri halaqoh-halaqoh ilmu di masjid,
”Barangsiapa berangkat ke masjid dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar sesuatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna.”

9. Melaksanakan sholat lima waktu di masjid,
“Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk sholat fardhu, maka pahalanya seperti pahala haji.”

10. Hendaknya berada di shof yang pertama,
berdasarkan ucapan ’Irbadh bin Sariyah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam memintakan ampunan (kepada Alloh) bagi orang yang berada di shof yang pertama ”tiga kali”, dan shof yang kedua ”satu kali”.

11. Menjadi mu’adzin (tukang adzan),
“Tukang adzan itu akan diampuni (dosanya) sepanjang suaranya (terdengar), dan dibenarkan oleh orang yang mendengarkannya, baik basah maupun kering, dan juga baginya pahala orang yang sholat bersamanya.”

12. Puasa Romadhon dan enam hari di bulan Syawwal setelahnya, berdasarkan sabdanya Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barangsiapa pusa Romadhon kemudian diikuti enam hari di bulan Syawwal, maka (pahalanya) seperti puasa setahun.”

13. Memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi orang-orang yang berpuasa,
”Barangsiapa memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi orang-orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala orang yang berpuasa itu.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

14. Sholat pada malam “Lailatul Qodr”,
”Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” Maksudnya, lebih baik daripada ibadah selama delapan puluh tiga tahun.

15. Berdzikir yang pahalanya berlipat ganda dan hal ini banyak.

16. Mempergunakan waktu, hendaknya seorang muslim menggunakan waktunya dengan ketaatan (kepada Alloh). Seperti membaca al-Qur’an, berdzikir, ibadah, mendengarkan kaset-kaset yagn bermanfaat, agar waktunya tidak sia-sia belaka dan agar ia tidak dilalaikan di mana saat itu tidak bermanfaat lagi kelalaian.

17. Bersedekah
Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia dan penuh keberkahan, maka sebab itu manfaatkan bulan suci ini untuk membantu fakir miskin, maka insyaAllah akan dibalas Allah berlipat-lipat ganda dalam rezeki ataupun pahala.

18. Zakat Fitrah
Zakat fitrah ialah sedekah yang sangat wajib sekali bagi seluruh umat muslim, bagi yang sudah baligh maupun masih bayi berumuran seminggu wajib juga zakat fitrah.

Adapun zakat fitrah yang bisa anda keluarkan yakni bahan makanan sehari-hari seperti beras, jagung, gandum dan lain sebagainya. Banyaknya zakat fitrah setiap orang diwajibkan kurang lebih 2,5 kg atau 3,5 liter. Zakat fitrah dapat dikeluarkan diakhir bulan puasa hingga tiba sholat idul fitri.

19. I’tikaf
I’tikah ialah mempunyai nilai sangat tinggi pahalanya, karena saat Nabi Muhammad SAW membangun rumah tangga bersama istrinya. Mereka selalu melakukan i’tikaf dibulan suci ramadhan.

I’tikah di bulan suci ramadhan mempunyai pahala yang akan dilipatgandakan terutama bagi umat muslim yang beri’tikaf di 10 hari terakhir bulan ramadhan yakni bulan Lailatul Qodar, yang dimana semua doa, ibadah dan lain sebagainya akan diridhoi oleh Allah.

Oleh sebab itu amalan 10 hari terakhir bulan ramadhan. Itulah mengenai amalan untuk bulan ramadhan yang pahala sangat besar. Sebab bulan ramadhan suatu bulan yang penuh hikmah, keberkahan dan mulia, dan bulan yang tidak bisa dilupakan mulianya bagi seluruh kaum muslim.

Apalagi malam 10 hari terakhir yang terkandung suatu persitiwa-peristiwa yang sangat mulia sekali yakni turunya Lailatul Qadar. Jika anda beribada dimalam itu lebih baik daripada 1000 bulan ataupun 83 tahun 4 bulan.

Oleh sebab itu alangkah beruntung bagi umat muslim yang bisa mengerjakan amalan doa di malam Lailatul Qadar. Itulah sedikit membahas mengenai amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan pahalanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: